Revoltnet’s Zone
Warnet Jl. Veteran 112 Gemblegan Solo #more than access up to 4 Mbps

Modifikasi (mendinginkan) modem ADSL

Alat dan Bahan :
1. Solder Listrik
2. Timah
3. Obeng (+) ukuran kecil dan besar
4. VGA Bekas yg Kipasnya masih OK (kipas 12Volt DC)
5. MODEM ADSL
6. dan tentunya Keberanian Membongkar🙂

Step by Step :
1. Ambil VGA yang rusak, saya menggunakan VGA bekas HIS Ati Radeon 1050 yg mati total.
2. Lepas kabel kipas dari soket diVGA, lepas pula kipas dari heatsinknya dengan obeng (+) ukuran kecil.
3. Ambil Modem ADSL (Saya menggunakan DLINK DSL-302T), lepas semua soket dan kabel yang menancap di belakang modem.
a

4. Lepas 2 buah screw di bagian bawah dengan Obeng (+) besar, angkat plastic cover atas dengan hati2.
5. Main PCB dari modem Anda akan telihat, pada umumnya ada 3 IC utama, 1 IC ditengah bentuk persegi,
dan 2 IC di pinggir bentuk persegi panjang. IC yang ditengah adalah penghasil panaz terbesar (CPUnya)
6. Panaskan solder dan siapkan Timah
7. Nah, lepas lagi 2 screw di Main PCB. Lepas PCB dari plastic bawah. Anda akan melihat PCB jenis dual side
(dua sisi). Perhatikan ELco yang berada di dekat Dioda Rectifier (dekat soket 9volt AC). Kaki elco ini
yang nantinya digunakan untuk power Kipas.
8. Balik sisi atas PCB sehingga Anda bisa melihat bagian sisi bawah PCB (cari kaki Elco yg sesuai).
b
9. Bila sudah ketemu, siapkan Kipas VGA, atur kabel mendekati kaki Elco. Ingat!,ELCO punya 2 kutup polaritas,
jangan terbalik saat menyolder kabel power kipas. Pastikan Solder cukup panasnya.
10. kemudian solder sesuai dengan polaritas Elco yaitu kabel kipas merah untuk polaritas elco positif
dan kabel hitam untuk polaritas negatif. Tunggu sesaat timah solder mengeras/dingin
11. Balik kembali PCB, posisikan kipas VGA dekat dengan IC utama (IC CPU). Lekatkan bagian kipas yang
tidak berputar dengan komponen disekitar IC CPU dengan Hotmelt. Rekatkan diatas komponen pasif agar aman
(contoh komponen pasif : Elco, Crystal, Induktor dll). Tunggu holtmelt mengeras/dingin.
c
12. Trial dahulu sebelum ditutup dalam casing. Tancapkan power supply kabel ke soket Power modem, perhatikan,
bila LED power Modem menyala dan kipas berputar maka Modifikasi OK..

Result:
Image
1. Efektifitas dari modifikasi ini sangat beragam, pada modem ADSL DLINK 302T saya, peningkatan SNR dan
stabilitas benar2 terasa.
– SNR
Sebelum : SNR = berkisar 11 dB dan terus menurun sampai kisaran 3 dB (trial 52jam).
Setelah : SNR = 18 dB dan stabil (trial 48jam).
– Stabilitas Download speed
Sebelum : Bervariasi dari 24 kbps – 48 kbps (test download 55MB RAR File di: http://www.Indowebster.com)
Setelah : Bervariasi dari 47 kbps – 62 kbps (test download 55MB RAR File di: http://www.Indowebster.com)
2. Dengan logika suhu sederhana maka modifikasi dengan menambah kipas akan memperpanjang umur komponen di dalam
MODEM ADSL Anda, menghindari kemungkinan OVERHEATING komponen..

NB:
Elco = Electrolit Capacitor
Dioda Rectifier = Dioda penyearah (AC to DC)
PCB = Print Circuit Board
SNR = Signal to Nosie Ratio (semakin besar, semakin baik)
Umur Modem ADSL DLINK-302T saya sudah 1 tahunan🙂

11 Tanggapan to “Modifikasi (mendinginkan) modem ADSL”

  1. mo nanya, setelah di pasang kipas mendingan di tutup apa di biarkan terbuka..? saya pakai Linksys AM300

  2. kalo adsl tp link 8817 , ada yang sudah coba ?

  3. trimakasih.
    saya pake TP_link TD-8811 apa ada perbedaan?
    kalau pake kipas angin luar dan kipas kygt lebih efektif mana?

  4. kl pake kipas standart casing berpengaruh ga yuaaah? mohon pencerahannya…thanks be4

  5. thanks tutorialnya ya…! Pingin sih dipasang kipas di dalam Cuma kayaknya perlu keberanian untuk ngopreknya…! Klo ditembak langsung pake kipas dari luar body modemnya ngaruh gak ya…. sekarang sih aku tembak kipasnya langsung ke arah modemnya…..!

  6. siiiiiiiiiiiiiippppp……..terima kasih!!!!!!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: