Revoltnet’s Zone
Warnet Jl. Veteran 112 Gemblegan Solo #more than access up to 4 Mbps

Optimalisasi Modem ADSL (1)

Menyambung tulisan sebelumnya untuk tweak DSL, selanjutnya kita bahas tentang optimalisasi modem ADSL. Kawan kawan bisa mempraktekkan sendiri sesuai merk modem ADSL yang anda gunakan. Kami telah menerapkan di beberapa merk seperti D-Link, TP Link, Aztech. Berikut tips trik optimalisasi modem ADSL.

1.  Cek SNR modem ADSL anda. Diusahakan berada pada level 20-30db. Bila SNR berada di atas angka 30db bisa dipastikan jaringan/kabel/modem anda mengalami interfensi.

2.  Cek Line Attuanation anda. Usahakan pada level 40an db. Sehingga kecepatan downstream anda pada angka 1024 Kbps, dan upstream 200 Kbps.

3.  Set MTU anda pada level 1492, dan MSS pada angka 1452. MTu (Maksimum Transmit Unit) adalah istilah bahasa Inggris dalam teknologi informasi yang merujuk kepada ukuran paket data terbesar yang dapat ditransmisikan melalui sebuah media jaringan. Ukuran MTU adalah bervariasi, tergantung teknologi jaringan yang digunakan. Contohnya adalah dalam jaringan berbasis teknologi Ethernet, ukuran MTU maksimum adalah 1500 bita. Adalah tugas lapisan data-link yang harus menentukan ukuran MTU. Ketika paket-paket ditransmisikan melalui jaringan, Path MTU (PMTU), merepresentasikan ukuran paket terkecil di antara semua jaringan yang terlibat dalam jaringan yang sama.

Semakin cepat jaringan, maka MTU semakin besar. Dengan angka maksimum 1500. Untuk jaringan dial up, MTU bisa diset pada angka 576.

3.  Matikan fitur-fitur yang tidak berguna, dan aktifkan firewall anda.

4.  Disini, kami juga membuat routing. Sehingga paket data yang melalui modem akan difoward kan ke server proxy kami.

5.  Pasang DNS tidak pada mode auto, dikarenakan DNS telkom (kami menggunakan ISP Speedy) sering tidak stabil. Cek saja DNS yang terdekat, dan memiliki latency paling bagus.

11 Tanggapan to “Optimalisasi Modem ADSL (1)”

  1. bro, mending tetep pake byte daripada bita. adhoww… cupu banget deh basa indonesia !😀

  2. copas dari wiki bro…

  3. cara mengusahakan SNR biar ada pada level 20-30 db gimana ya? sama Line Attuanation nya juga..
    tolong dong !

  4. Intinya…dijaga dari segala macam interfensi. Klo beberapa temen bisa juga ditambahin rowset untuk menstabilkan frequency jaringan telepon.

  5. cara nyeting Line Attuanation pada level 40an db. dan Set MTU pada level 1492, dan MSS pada angka 1452.
    si gimana caranya

  6. setting MTU/MSS di modem, silakan buka panel control di modem. Klo di windows bisa diedit di registry. HKLM > SYSTEM > CurrentControlSet > Services > TCPIP > Parameter > Interfaces > alamat LAN aktif kita > klik kanan DWORD masukkan Decimal > Value data > 1492

  7. bro, kan ada 4 pilihan di interface…yang di add yg pertama ya..? AH…pusing, masih amatiran..

  8. yg di add yg merupakan IP kita…

  9. wuih… paten nih artikel walau copas. Tapi sy pengguna linux?

  10. jujur aja nih bos, artikel lo ini cuma lo doang yg ngerti.
    kalo bikin artikel dan biar orang pd ngerti, jelasin lah Cek SNR modem ADSL, Cek Line Attuanation dsb..

    itu ngukurnya pake apa dan bagaimana

  11. masalah SNR dan attuantation bisa dilihat di status modem ADSL anda.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: